Saturday, 25 November 2017

The 1000 Dollars Saving Project


Sebagai millennials kere yang tidak punya uang apalagi aset (ini salah siapa sih sebetulnya?), menghidupi diri sendiri masih compang-camping, dan terlalu banyak impian-impian tak tergapai, hidup saya hampir setiap hari berada dalam survival mode. Apalagi sehabis gajian kemarin langsung kalap beli tiket konser ONE OK ROCK Ambitions Live in Singapore 2018 karena terbutakan oleh cinta, maka survival plan bulan ini secara otomatis jadi lebih gruesome dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Imajinasi kanak-kanak saya untuk hidup kaya-raya makin terasa fiktif. Bahkan untuk bisa bersenang-senang, saya harus disiplin dalam menerapkan aturan bagaimana cara berfoya-foya jika tak punya uang.

Ketika sedang iseng-iseng menggeledah internet dan portal-portal berita internasional, saya terdampar pada sebuah artikel Go Banking Rates yang mengatakan bahwa banyak penduduk Amerika saat ini yang tidak memiliki uang seribu dolar di rekeningnya. Ada juga yang nggak punya tabungan sama sekali. Survei tersebut dilakukan kepada 5,000 orang partisipan (ya nggak banyak sih dibandingkan jumlah penduduk asli Amerika), dan hasilnya adalah sebanyak 69% dari mereka fakir simpanan dana.

Me too, guys. Me too.

Sumber gambar masih dari artikel yang sama.

Berhubung saya tipe-tipe orang yang suka kompetitif untuk hal-hal yang nganeh-nganehi, membaca hasil survei tersebut cukup bikin saya terpelatuk. Ya habis gimana? Saya kan menyerupai 34% persen masyarakat peserta survei yang tidak memiliki simpanan uang di rekening mereka. Ikut tertohok dong. Huks. Saya pun memutuskan bikin proyek: nabung seribu dolar! Jika berdasar kurs satu dolar = tiga belas ribu rupiah, maka target tabungan saya adalah tiga belas juta rupiah. Nominal totalnya remeh banget anjir. Tapi saya bahkan tidak bisa mengira-ngira kapan tercapainya jumlah yang saya cita-citakan. Wakaka. Dasar milenial bokek.

Tidak apa-apa. Walau rasanya target masih nun jauh di antah berantah, rencana ini akan tetap saya laksanakan. Saya nggak akan kalah sama warga negara adidaya yang bisa-bisanya milih Donald Trump sebagai presiden. Lihat saja nanti. Kelak, saya akan punya duit simpanan senilai seribu dolar Amerika! *mengepalkan telapak tangan*

z. d. imama

9 comments:

  1. asli aku kira mau review film atau buku. Hahahahahaha... gak taunya memang tekad dalam hati. Cemungut!!!!! Semoga berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sedang mencobaaa hehe terima kasih doanya :"))

      Delete
  2. Semangat! Aku juga mau ikutan ah mengingat aku boros banget njir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mulainya pelan-pelan dulu sih mbak, recehan 1000-2000 nggak dipakai tapi disimpen. Kalau udah kekumpul agak lumayan dituker ke minimarket :"))))

      Delete
  3. proyek yang bagus. sebagai anggota dari barisan milenial bokek, saya ikut mendukung!
    enaknya saya ikutan juga ya?

    ReplyDelete
  4. saya #milenialbokek juga mba :') yang kayak ini harus dimotvasikan sih ^^

    ReplyDelete
  5. Coba pakai fitur Dream Saver di Jenius, nabung 10.000 tiap hari yang diambil dari saldo Jenius-nya. Semoga berhasil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAK KALAU DUITKU DIAMBIL BUAT NABUNG 10REBU TIAP HARI TERUS BAGAIMANA AKU AKAN MENJALANI KEHIDUPAN???? Budget hidup sehari aja nggak nyampai 50RB :"))))))))))

      Delete
  6. Jd pengen nabung dollar, halagh pengenan doang 😅

    ReplyDelete

Have you left me any comments? No? Why? Do not hesitate to write down your feedback so I can visit your blog in return!